Inilah Tips Mendaki Gunung Saat Berpuasa

By | 08/06/2017

Bagi anda yang hobi naik gunung, mungkin terfikir ingin merasakan bagaimana rasanya mendaki gunung ketika dalam kondisi berpuasa. Dalam kondisi normal saja mendaki gunung dengan punggung sarat beban sudah merupakan tantangan tersendiri, nah bagaimana jika kita mendaki gunung ketika sedang berpuasa yaa.. pasti berbeda rasanya karena rasa haus dan lapar akan menyerang ketika tenaga terkuras selama pendakian. Apakah tidak mungkin mendaki gunung saat berpuasa, ya mungkin saja. Jika anda mau melakukannya inilah tips mendaki gunung saat berpuasa.

Inilah Tips Mendaki Gunung Saat Berpuasa

Berikut ini beberapa cara atau tips bagi anda yang ingin melakukan pendakian gunung ketika dalam kondisi berpuasa. Dirangkum dari berbagai sumber inilah tips mendaki gunung saat berpuasa.

  1. Saat makan sahur, sebaiknya makan makanan yang mengandung karbohidrat tinggi seperti nasi dan oat. Mengkonsumsi mie instant sangat tidak disarankan karena bisa membuat kerongkongan cepat kering dan haus di siang harinya.
  2. Tidak membawa atau mengemas barang yang berlebihan. Bawalah barang-barang yang sangat penting saja tanpa memberikan pundak beban yang berlebihan. Jangan lupa membawa alat untuk sholat, sehingga selama pendakian anda tetap melaksanakan sholat fardhu dengan baik.
  3. Memilih waktu pendakian yang tepat. Dalam kondisi berpuasa menentukan waktu pendakian sangat penting, agar pendakian tidak terasa lebih berat. Pendakian bisa dilakukan sore hari setelah sholat ashar atau setelah sholat tarawih bahkan bisa juga setelah sholat subuh.
  4. Memilih gunung dengan jalur pendakian yang landai. Penentuan jalur ini juga dapat mempengaruhi stamina kita selama melakukan pendakian. Jalur yang terlalu terjal atau curam akan membuat tubuh cepat lelah sehingga haus atau lapar akan cepat datang.
  5. Kenali kemampuan fisik sendiri. Jangan memaksakan untuk sampai di puncak. Jika terasa sudah tidak mampu lagi mendaki maka lebih baik berhenti dan dilanjutkan kembali setelah tubuh kembali segar. Jangan sampai membatalkan puasa ramadhan, karena puasa ramadhan hukumnya wajib dan berdosa jika tidak melaksanakannya.

Demikian beberapa tips bagi anda yang ingin mencoba melakukan pendakian gunung dalam kondisi sedang berpuasa, semoga bermanfaat… 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *