Bolehkah Qurban Satu Ekor untuk Seluruh Keluarga ??

Assalamu’alaikum.. apa kabar sahabat semua.. Insya Allah tidak berapa lama lagi umat Islam akan kembali merayakan hari raya yang kedua di tahun ini. Hari Raya Idul Adha atau lebih dikenal dengan sebutan Hari Raya Qurban.  Secara bahasa Qurban berasal dari kata Qaruba-Yaqrubu-Qurban-Qurbanan yang artinya mendekat kepadanya. Sedangkan secara istilah Qurban bermakna menyembelih hewan tertentu dengan niat qurban kepada Allah di waktu tententu pula (di hari raya qurban).

Saya tertarik aja dengan apa yang berkembang di masyarakat bahwa kalo berqurban itu harus satu orang satu hewan qurban. Sepertinya jadi terlalu berat kali ya kalo satu orang harus satu hewan, apalagi saat ini harga hewan qurban juga semakinm mahal. Ternyata ada dalam riwayat bahwa qurban satu ekor bisa digunakan untuk qurban seluruh keluarga lho… nah berikut ini informasinya yang saya ambil dari channel telegramnya Ustadz Farid Nu’man. Saya copas aja yaa.. silahkan dibaca..

Afwan Ust. Sempat sy dengar di Radio Alaika Salam Asyafiiyah. Mulai bergulir di sebagian masyarakat Muslim, 1 ekor kambing bs ut qurban 1 keluarga. Manakah pendapat yg rebih rojih dlm mslh ini Ust?

Jawaban

Ya 1 ekor untuk 1 keluarga sdh mencukupi, dan Nabi _Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam_ melakukan itu ..

Dalam _Fatawa Nur ‘Alad Darb_ (Juz 18, Hal.176):

س: هل الأضحية من الغنم تكفي عن جميع أهل البيت، أم عن نفر واحد؟

Pertanyaan: apakah qurban seekor kambing dapat mencukupi bagi seluruh anggota keluarga, atau hanya untuk 1 anggota keluarga?

ج: الأَضحية تكفي عن أهل البيت جميعًا ولو كانوا مائة إذا ذبحها ضحية عنه، وعن زوجته، وأولاده، وأهل بيته كلهم، أجزأت ولو شاة واحدة، أو بقرة واحدة، أو ناقة واحدة، تجزئ؛ لأن الرسول صلى الله عليه وسلم كان يضحي بشاة واحدة، عنه، وعن أهل بيته، اللهم صل عليه وسلم.

Jawaban:

Satu hewan Qurban sudah mencukupi semua anggota keluarga walau jumlah anggota keluarga ada 100 org, baik dia menyembelih itu untuk dirinya, istrinya, anak-anaknya, dan semua anggota keluarganya.

Hal itu telah CUKUP WALAU 1 EKOR KAMBING, atau 1 EKOR SAPI.

Hal itu sah, karena Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam dahulu berqurban dengan 1 ekor kambing saja, untuknya, untuk istrinya, dan anggota keluarganya Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam. (Selesai)

Syaikh Abu Bakar bin Jabir Al Jazairiy Rahimahullah mengatakan:

هل تجزئ الشاة عن اهل البيت ؟ : تجزئ الشاة الواحدة عن اهل البيت كافة و ان كانوا انفارا عديدين لقول ابى أيوب رضى الله عنه : كان الرجل فى عهد رسول الله يضحى بالشاة عنه و عن أهل بيته

Apakah mencukupi satu ekor kambing untuk satu keluarga? Satu ekor kambing sudah mencukupi untuk satu keluarga seluruhnya walau keluarga itu memiliki anggota keluarga yang banyak. Berdasarkan riwayat dari Abu Ayyub Radhiallahu ‘Anhu bahwa pada masa Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam ada laki-laki berqurban satu ekor kambing untuk dirinya dan keluarganya. *( _Minhajul Muslim,_ Hal. 238)*

Ada satu ekor kambing untuk satu orang juga sah. Syaikh Muhammad bin Shalih Al Utsaimin berkata (dikutip oleh Syaikh Muhammad Shalih Al Munajjid dalam fatwanya):

وتجزئ الواحدة من الغنم عن الشخص الواحد

_Berqurban 1 ekor kambing untuk 1 orang adalah SAH._

Jadi, untuk satu keluarga sah, untuk satu orang juga sah. Semua ini berdasarkan hadits:

Dari Aisyah Radhiallahu Anha:

قَالَ بِاسْمِ اللَّهِ اللَّهُمَّ تَقَبَّلْ مِنْ مُحَمَّدٍ وَآلِ مُحَمَّدٍ وَمِنْ أُمَّةِ مُحَمَّدٍ ثُمَّ ضَحَّى بِهِ

‘Nabi mengucapkan: “Bismillahi Allahumma taqabbal min Muhammadin wa Aali Muhammad wa min ummati Muhamamdin (Dengan Nama Allah, Ya Allah terimalah Qurban *dari Muhammad, dari keluarga Muhamamad* dan umat Muhammad), lalu beliau pun menyembelih. (HR. Muslim)

Semoga bermanfaat.. 🙂

 

SB1M Diskon Kemerdekaan

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 
Mau Langsing dalam 20 hari !!! - Order Now : 08118111776klik disini
%d bloggers like this: