Apa Bedanya Kopi Robusta dengan Kopi Arabika ??

Kopi adalah minuman yang sangat populer di dunia, hampir semua orang pasti menyukai kopi. Minuman yang berbahan baku dari biji buah kopi yang telah diolah dan dihaluskan akan menguapkan aroma harus yang khas ketika dicampukan dengan air panas. Bahkan ada ilmu dan profesi khusus yang terlahir karena minuman kopi ini. Ada banyak cara untuk menikmati kopi bagi para pecinta kopi, bahkan saat ini menikmati secangkir kopi menjadi kebiasaan bagi para pecandu kopi. Jika tak minum kopi mereka akan merasa ada yang kurang dalam rutinitas hidupnya. Secangkir kopi bisa memberikan inspirasi, menambah semangat kerja dan menyegarkan kembali raga yang lelah. Perpaduan aroma, rasa dan seni menikmati kopi saat ini banyak tersaji di kedai-kedai kopi, dari yang kelas warung tenda hingga kelas elit yang harga secangkir kopinya saja bisa mahal sakali. Minum kopi selain nikmat mantap juga bisa memberikan beragam manfaat, karena ternyata selain nikmat dan menggoda kopi juga memiliki banyak manfaat untuk tubuh manusia. Nah.. buat anda pecinta kopi apa bedanya kopi robusta dengan kopi arabika ??

SB1M

Apa Bedanya Kopi Robusta dengan Kopi Arabika ??

Kopi Robusta dengan kopi Arabika memang berbeda, terutama jika dilihat dari tempat tumbuh kedua jenis kopi itu, perbedaan aroma dan rasa juga perbedaan dari sisi ekonomis. Kopi Arabika memiliki variasi rasa yang beragam, bisa terasa manis, lembut, kuat dan tajam. Sebelum di sangrai kopi arabika akan beraroma seperti blueberry, setelah disangrai kopi arabika akan mengeluarkan aroma buah-buahan. Sedangkan Robusta aromanya cenderung netral setelah di sangrai, tetapi sebelum di sangrai kopi jenis rabusta ini akan beraroma seperti kacang-kacangan. Sedangkan dari sisi harga, kopi jenis Arabika lebih mahal dibandingkan jenis Robusta.

Kopi Arabika tumbuh pada daerah dengan ketinggian 700-1700 mdpl dengan suhu berkisar 16-20 C. Kopi arabika ini berasal dari Etiophia dan Brasil. Kedua Negara tersebut menguasai 70%  pasar kopi. Kopi Arabika memiliki ciri-ciri antara lain memiliki aroma yang wangi, tumbuh di dataran tinggi yang sejuk, memiliki rasa yang sedikit asam, terasa kentak di mulut, pahit dan juga memiliki tekstur yang lebih halus. Sedangkan kopi Robusta merupakan keturunan dari beberapa jenis kopi. Dari segi kualitas buah kopinya, kopi Robusta memiliki kualitas lebih rendah dibandingkan dengan Arabika. Di pasaran kopi Robusta menguasai 30% pasar kopi dunia. Kopi Rabusta ini banyak terdapat di Kolumbia, Indonesia dan Filipina. Ciri khas dari kopi jenis Robusta antara lain adalah rasa yang menyerupai coklat, aroma yang manis, tekstur kasar dengan warna yang bervariasi, tumbuh pada dataran rendah dengan ketinggian 700 mdpl dengan suhu udara yang lebih hangat.

Itulah sedikt informasi tentang perbedaan kopi Robusta dengan kopi Arabika, buat anda pecinta kopi.. selamat menikmati kopi anda.. 🙂

Smart Detox

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 
Mau Langsing dalam 20 hari !!! - Order Now : 08118111776klik disini
%d bloggers like this: